Senin, 10 Maret 2014

Membuat Game Pilihan Ganda Sederhana Dengan Macromedia Flash

Selain digunakan untuk membuat animasi, Macromedia Flash juga bisa digunakan untuk membuat game. Kali ini game yang akan kita buat adalah game quis sederhana, atau bagi tenaga pengajar game ini bisa juga digunakan untuk ulangan karena pada dasarnya berisi beberapa soal. Ok pertama buka Macromedia Flash, buat file baru (Tekan Ctrl+N) pilih “Flash Document”. Setelah itu buat 3 Layer dan beri nama masing-masing “background, pertanyaan, dan action”.
Untuk ukuran frame buat 15cm x 10cm, letaknya dibawah lembar kerja.
1 . Jika sudah langkah pertama buat sebuah kotak dengan “Rectangle Tool”, tetapi a
tur dulu besar radius sudut di “Set Radius Corner” menjadi 30.
Kemudian buat kotak pada layer background fram 1, fill color pilih warna hitam atau apa saja untuk background. Jika sudah kurang lebih tampilannya akan seperti ini.
Copy frame 1 pada layer background, caranya klik frame 1 tekan Ctrl+Alt+C, kemudian klik sebelah kanan frame 1 yang masih kosong dan pastekan (Klik Ctrl+Alt+V).
2 . Berikutnya kunci layer background, buka layer pertanyaan, pada frame 1 buat static teks isikan dengan kata “Start” ,
Setelah itu klik “Selection Tool”, klik kata yang telah di buat tadi, kemudian convet jadikan Button/tombol, caranya tekan “F8”, pilih “Button” lalu Ok. setelah itu tekan “F9” dan masukkan script berikut.
on(release)
{
gotoAndPlay(2);
}





Angka 2 menunjukan nomor frame pada layer pertanyaan, karena pertanyaan pertama nantinya akan saya buat di frame 2. Jika pertanyaan pertama nantinya anda buat pada frame 5 (misalnya), maka ganti angka 2 dengan angka 5.
3 . Masih di layer pertanyaan, berikutnya buat frame baru, buat pertanyaan dan jawaban pilihan gandanya dengan static teks. Nanti tampilannya kurang lebih seperti dibawah ini.
Setelah itu klik frame 2, tekan “F9” dan masukkan script berikut.
sekor = 0;
Lalu klik jawaban A convert jadi Button/Tombol, caranya seperti di langkah 2, lalu jawaban B, dan seterusnya jadikan semua jawaban menjadi Button/Tombol. Setelah itu klik jawaban yang benar terlebih dahulu, dan tekan “F9” lalu masukkan script berikut.
on (press)
{
     gotoAndPlay(3);
     sekor+=10;
}

Angka 3 adalah frame ke 3 pada layer pertanyaan (Frame yang berisi pertanyaan selanjutnya). Dan angka 10 adalah nilai yang didapat jika jawaban benar. Sementara itu pada jawaban lainnya (jawaban salah) masukkan script seperti diatas tetapi tanpa “sekor+=10;”
4. Langkah berikutnya buat frame baru untuk pertanyaan lainnya, caranya seperti langkah 3.
5. Pada frame terakhir (jika semua pertanyaan sudah dibuat), buatlah teks dengan tipe “Dinamic Teks” bukan “Static Teks”, untuk menampilkan total nilai, pada kolom “var” masukkan variabel “sekor” dan pada instance name isi dengan “score”.
6 . Berikutnya masuk ke layer action. Pada frame 1 tekan “F9” dan masukkan script berikut.
stop();
Buat frame baru pada layer action, tekan”F9” dan masukkan kode yang sama seperti pada frame 1, begitu seterusnya hingga jumlah frame sama dengan jumlah frame pada layer pertanyaan.
7. Nah sekarang coba jalankan, tekan Ctrl+Enter, coba jawab semua pertayaan yang kamu buat tadi, nanti pada akhir akan muncul seberapa point yang sudah kamu kumpulkan.
Nahh cukup sekian tutorial cara membuat game sederhana dengan Macromedia Flash.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar